Pesona Wisata Kawah Ijen

Pesona Wisata Kawah Ijen

Gunung Ijen adalah sebuah gunung aktif yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Memiliki ketinggian 2.779 mdpl dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi. Gunung Ijen terakhir meletus pada tahun 1999. Salah satu fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah kawah yang terletak di puncaknya.

Gunung Ijen atau dikenal dengan Kawah Ijen, adalah salah satu gunung yang masih aktif sampai sekarang. Memiliki ketinggian 2.443 m dari atas permukaan laut, berdinding kaldera setinggi 300-500 m dan telah 4 kali meletus di tahun 1796, 1817, 1913 dan 1936.

Di kawasan gunung berapi ini terdapat pertambangan belerang, dimana mengindikasikan gunung ini masih aktif dan beraktifitas. Saat berada di kawasan kawah Ijen, pengunjung bisa menyaksikan para penambang yang sibuk membawa tumpukan belerang di punggung mereka, menyusuri jalan yang curam dan dipenuhi oleh gas beracun yang berbahaya.

Kawah Ijen merupakan pusat danau kawah terbesar di dunia, yang bisa memproduksi 36 juta meter kubik belerang dan hidrogen klorida dengan luas sekitar 5.466 hektar. Kawah yang berbahaya ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa dengan danau belerang berwarna hijau toska dengan sentuhan dramatis dan indah. Danau Ijen memiliki derajat keasaman nol dan memiliki kedalaman 200 meter. Keasamannya yang sangat kuat dapat melarutkan pakaian dan jari manusia.

Seputar Kawah Ijen

Tempat terindah ini berada di Kawah Ijen. Gunung yang memiliki nama di seluruh kawasan Banyuwangi. Menariknya lagi, Kawah Ijen menjadi tempat salah satu event internasional yang hampir setiap tahun digelar. Acara tersebut adalah Tour De Ijen. Dimana banyak sekali peserta dari luar negeri mengikuti ajang tahunan bersepeda ini.

Oleh karena itu, kawasan ini mempunyai jalan yang sangat halus berbeda dengan jalan-jalan yang ada di sekitar gunung lain yang masih kurang bersahabat. Untuk naik ke kawah Ijen harus menggunakan masker khusus karena bau belerang yang sangat menyengat hadir diantara perjalanan pendakian.

Belerang inilah yang menjadi cikal bakal dari terbentuknya api biru. Belerang berpadu dengan kawah dengan tingkat asam paling tinggi dan oksigen sehingga membentuk sebuah pemandangan yang sangat cantik. Pemandangan ini hanya ada pada saat tengah malam hingga menjelang subuh.

Daya Tarik Kawah Ijen

wisata kawah ijen

Pemandangan mempesona tersaji di antara perjalanan dari titik awal pendakian hingga kawasan puncak. Disini anda akan melihat beberapa orang yang hilir-mudik kesana-kemari membawa belerang dari gunung hingga ke bawah. Perjuangan mereka patut mendapatkan apresiasi. Karena mereka membawa belerang-belerang dengan berat kurang lebih 50kg untuk sekali bawa.

Bisa anda bayangkan, melewati medan naik turun dan terjal ini membawa beban berat demi sebuah kehidupan. Oleh karena itu disarankan bagi anda traveler yang bertemu dengan mereka diperjalanan bisa memberikan akses jalan terlebih dahulu. Setidaknya itulah yang bisa kita bantu untuk mereka.

Sunrise dan Blue Fire

Kawah Ijen memang terkenal dengan api birunya. Inilah yang menjadi alasan banyak wisatawan mengunjungi kawasan ini. Spot sunrise dan spot blue fire memang berbeda. Spot Blue Fire ini sedikit jauh dari spot sunrise, karena spot ini berada di dekat kawah. Jadi, sobat traveler harus menuruni kawah ini terlebih dahulu.

Hati-hati untuk menuruni kawah ini, dan disaranakan jangan terlalu lama menikmatinya. Mengingat bau belerang yang sangat kuat dan menyengat. Bisa menyebabkan anda jatuh pingsan karena bau yang menyengat ini. Setelah puas dengan spot ini, anda bisa menikmati spot sunrise yang sangat menarik.

Dari kawah ini anda harus naik lagi sedikit keatas menuju ke spot sunrise. Waktu paling baik menuju ke kawasan ini adalah November hingga Januari, dan April hingga Mei. Dimana kawasan ini memiliki pemandangan sunrise yang sangat cantik dan mempesona. Oleh karena itu, Banyuwangi disebut dengan Sunrise of Java.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Need help?