7 Destinasi Menarik Sumba, Sulit Dilewatkan

7 Destinasi Menarik Sumba, Sulit Dilewatkan

Keindahan alam Indonesia memang sangat kaya. Tak hanya pulau dewata Bali yang menjadi daya tarik wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia. Nusa Tenggara Timur pun memiliki berbagai keindahan alam yang menakjubkan. Sumba salah satu dari sekian banyak dataran megah di Nusantara. Pulau Sumba memiliki banyak destinasi menarik yang sulit untuk dilewatkan.

Saking indahnya Pulau Sumba, beberapa artis atau public figure sering berkunjung dan melakukan pemotretan di sana. Bahkan sekarang semakin banyak industri perfilman yang mengambil latar sumba. Hal ini lantaran pemandangannya yang sangat asri sehingga nuansa alam sangat kental disini.

Berikut kami merangkum 7 destinasi yang sulit anda lewatkan ketika berada di tanah Sumba ;

1. Bukit Wairinding
Bukit Wairinding

Bukit Wairinding terletak di Bagian Timur Sumba, sekitar 25 Km dari pusat Ibukota Kabupaten Sumba Timur, Waingapu. Akses menuju kesana pun sudah bagus melewati jalan trans Sumba Waingapu-Waikabubak meski jalannya berkelok-kelok. Kurang lebih memakan waktu 35-40 menit untuk sampai ke tempat ini.

Sesampainya di bukit Wairinding, anda akan menikmati hamparan rerumputan yang tertiup angin akan memanjakan mata. Padang savana berwarna hijau saat musim hujan, dan berwarna kuning saat kemarau. Udara yang sangat bersih dan asri, serta pemandangan yang menyegarkan mata sangat cocok apabila ingin sejenak melupakan hiruk pikuk perkotaan.

2. Danau Weekuri
Danau Weekuri

Terletak di Kabupaten Sumba Barat Daya, Danau Weekuri dikenal memiliki air yang asin. Air danaunya memiliki kadar garam yang tinggi, sehingga mampu mengapungkan tubuh wisatawan yang berenang. Kedalaman Danau Weekuri berkisar antara 30 cm hingga 2,5 meter, tapi saat air sedang pasang kedalaman danau bisa mencapai 5 meter.

Nama Weekuri sendiri berasal dari bahasa Sumba yang berarti air percikan. Itu karena danau ini terbentuk dari percikan air laut yang menembus batu karang sehingga membentuk laguna tersendiri.

Lokasi Danau Weekuri memang agak jauh dari perkotaan. Tapi, kebersihan dan keasrian alamnya dijamin masih sangat terjaga. Untuk menuju kesana lokasinya ditutupi oleh hutan rindang, semak belukar, dan tebing karang. Perlu usaha ekstra untuk bisa mencapai tempat ini. Walaupun tenaga yang dibutuhkan untuk sampai ke sana cukup besar, semua itu akan terbayar ketika anda melihat langsung panorama alam yang ada di sana.

3. Air terjun Lapopu
Air Terjun Lapopu

Lapopu merupakan Air terjun tertinggi di Nusa Tenggara Timur ini berada di kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru. Tepatnya di Desa Lapopu, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat. 

Air terjun Lapopu merupakan air terjun bertingkat. Jatuh airnya tidak langsung ke dalam kolam, tapi masih berundak-undak yang jatuh dari tebing dengan ketinggian sekitar 90 meter.

Akses jalan menuju Lapopu dapat dimulai dari Waikabubak/Tambolaka dengan menyewa kendaraan dikarenakan belum terdapatnya kendaraan umum untuk mencapai lokasi air terjun ini. Berjarak kurang lebih 30 km dari Waikabubak, lokasinya masih sangat alami dengan akses jalanan yang belum diaspal hingga beberapa meter memasuki kawasan air terjun ini.

4. Pantai Bawana
Bawana Beach

Bawana terletak berdekatan dengan pantai Batu Maladong di wilayah Kodi, Sumba Barat Daya. Pantai yang termasuk jarang dikunjungi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjungi Sumba terutama Sumba Barat.

Hamparan pasir  putih serta laut yang biru dengan deru ombak di pantai Bawana membuat daya tarik sendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Selain batu karangnya yang menjulang tinggi, wisatawan juga bisa menikmati garis pantai lainnya yang eksotis yaitu Pantai Batu Maladong. Untuk bisa mengunjungi Pantai Bawana traveler bisa melakukan perjalanan atau penerbangan menuju pulau Sumba di Bandara Tambaloka.

5. Bukit Tenarara
Bukit Tenarara

Lokasi Bukit Tanarara ini berada di Katiku Luku, Matawai La Pawu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Jika dari kabupaten Sumba Timur destinasi ini berjarak sekitar 19 Km. Untuk menuju Bukit Tanarara ini anda bisa membawa kendaraan roda dua maupun roda 4.

Hal menarik dari tempat ini adalah pesonanya terdiri dari karang-karang nan mengesankan. Seperti sebuah jajaran gunung yang berderet-deret di sebuah kawasan. Setidaknya seperti itulah pemandangan yang disajikan di tempat ini.

Bila dilihat lebih dalam lagi apalagi dari atas, Memori anda akan teringat akan lekukan perkebunan teh. pemandangannya hampir serupa. Bahkan, di setiap sudutnya dan warnanya pada saat musim penghujan.

6. Kampung Adat Ratenggaro
Kampung Adat Ratenggaro

Kampung adat Ratenggaro terletak di Desa Umbu Ngedo, Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya. Dari Tambolaka, anda harus berkendara kurang lebih 1,5 sampai 2 jam perjalanan. Belum ada kendaraan umum menuju ke lokasi kampung ini karena lokasinya cukup terpencil. 

Ada beberapa aktivitas yang bisa anda lakukan di Kampung Adat Ratenggaro. Pertama, anda menyewa kuda untuk foto dan juga mengelilingi kampung. Kedua, anda bisa bermain di pantai yang lokasinya tidak jauh dari kampung ini. Ketiga, anda bisa memakai baju adat yang bisa anda sewa dari para penjual kain yang ada di sana.

7. Bukit Persaudaraan
Bukit Persaudaraan

Sama seperti bukit pada umumnya. Bukit Persaudaraan Mau Hau, menyajikan bentangan panorama perbukitan dan persawahan penduduk yang menghampar luas dan indah. Dari puncak bukit, pengunjung juga dapat melihat panorama Kota Waingapu dan sekitarnya ditemani oleh eloknya Sungai Kambaniru dilihat dari ketinggian. Hamparan padang rumput hijau dan asri yang mewarnai kondisi alam Sumba Timur menandakan wilayah ini sebagai daerah peternakan yang potensial.

itulah beberapa destinasi menarik yang mungkin bisa anda jadikan referensi jika berkunjung ke sumba, atau mungkin menjadi gambaran bagi anda yang memiliki tujuan ke sana. Saking indahnya, destinasi-destinasi di atas juga kerap dijadikan lokasi pre wedding  hingga honeymoon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Need help?